Select Menu
Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » » Belut Listrik Yang Berbahaya


Rumah Hijau 06.34 0

        Hati-hati dengan hewan yang satu ini karena sangat berbahaya. Berbahaya bukan karena memiliki bisa yang mematikan atau gigi taring yang dapat melumpuhkan mangsa. Sesuai namanya, belut listrik (Electrophorus electricus) tergolong hewan sejenis ikan air tawar yang mampu menghasilkan aliran listrik kuat hingga mencapai 650 volt baik untuk berburu maupun membela diri. Kendati disebut sebagai belut, pada dasarnya hewan ini termasuk bagian dari ordo Gymnotiformes, yang tidak mencakup keduanya.

        Belut listrik atau sidat listrik banyak ditemukan di Sungai Amazon dan Sungai Orinoko serta daerah-daerah lain di sekitarnya. Dalam pertumbuhannya, belut listrik bisa tumbuh mencapai panjang 2,5 m atau 8,2 feet dan berat 20 kg atau setara dengan 44 pound, walaupun pada dasarnya ukuran rata-ratanya adalah 1 meter. Cara menghasilkan listrik dari belut listrik seperti cara kerja baterai. Nyaris 70% seluruh bagian tubuh belut listrik adalan ekornya. Pada bagian ekor inilah terdapat banyak baterai kecil yang berbentuk lempengan-lempengan kecil dengan susunan horizontal dan vertikal. Jumlahnya sangat banyak, bisa lebih dari 5.000 buah.

         Kendati memiliki baterai kecil, tetapi bila semua baterai tersebut dihubungkan secara berderet atau berbentuj rangkaian seri, maka mampu menghasilkan tegangan listrik sekitar 600 volt yang lebih besar dari ukuran normal satu batu baterai yang hanya 1,5 volt. Luaar biasaaaa...




Video berikut akan menunjukkan bagaimana berbahayanya belut listrik yang mampu membunuh seekor buaya...

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Silahkan berikan komentar Anda terkait artikel di atas.

Komentar yang bernuansa SARA atau SPAM akan kami remove.

Terima Kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat !!!

Selalu pastikan Anda meng-update berbagai informasi terbaru blog ini.