Select Menu
Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » » Orientasi Politik Luar Negeri Kenya


Rumah Hijau 14.41 0

           Sebagai salah satu negara di benua Afrika, khususnya di kawasan Afrika Timur, keberadaan dan partisipasi Kenya dalam dinamika politik global tentu sangatlah dibutuhkan. Negara yang beribukota di Nairobi ini memiliki arah kebijakan politik yang menekankan pada empat tipe diplomasi yakni diplomasi damai, ekonomi, lingkungan dan diplomasi diaspora atau menyebar.[1] 

          Berkaitan dengan kebijakan diplomasi damai, dalam tatanan dunia internasional, Kenya adalah salah satu negara yang ingin terus memperjuangkan perdamaian dan keamanan dalam negeri, regional dan global. Selain itu Kenya juga berkomitmen dengan mengirimkan misi penjaga perdamaian bila diperlukan, terlibat aktif dalam upaya pencegahan konflik, resolusi dan manajemen konflik.[2] Semua ini dilakukan sebagai bagian penting dalam arah kebijakan politik luar negeri Kenya yang senantiasa cinta damai. 

            Sedangkan kebijakan diplomasi ekonomi, ini erat kaitannya dengan peran Kenya yang ikut serta dalam dinamika pasar internasional sehingga dapat menciptkana iklim sehat bagi perkembangan ekonomi domestik Kenya. Dalam bidang ekonomi, Kenya memfokuskan diri pada investasi, perdagangan internasional dan membangun potensi pariwisata Kenya sebagai upaya membangun perekonomian yang kuat di Afrika.[3] Kebijakan ini telah memberikan dampak positif bagi pertumbuhan perekonomian di Kenya yang mencapai 4,3% di tahun 2011.[4]

            Selain itu, diplomasi lingkungan juga menjadi salah satu pilar penting dari kebijakan politik luar negeri Kenya. Sebagai negara berkembang di Afrika, Kenya terus terlibat aktif dalam memerangi dan mencegah berbagai isu lingkungan hidup baik di tingkat regional maupun global. Hal tersebut dilakukan Kenya sebagai kepedulian terhadap kelangsungan alam dan kehidupan manusia di bumi ini.

            Kebijakan diplomasi Kenya yang terakhir adalah diplomasi diaspora. Setiap tahunnya Kenya terus meningkatkan hubungan kerjasama yang baik dengan negara-negara di seluruh dunia tanpa memandang bulu. Tindakan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Kenya untuk bisa mendapatkan tempat di dunia internasional dan dapat membangun kemitraan yang baik dan saling mengutungkan dengan semua negara. Artinya bahwa Kenya ingin memiliki banyak mitra kerjasama ketimbang musuh dalam politik internasional.[5]
            Tidak hanya keempat pilar besar yang menentukan arah kebijakan politik luar negeri Kenya dalam dunia internasional, Kenya juga memiliki beberapa orientasi politik luar negeri yakni menghormati kedaulatan setiap negara, menjaga keamanan nasional, menjadi tetangga dan mitra yang baik di dunia internasional, menciptakan perdamaian dan keamanan dunia, tidak melakukan intervensi terhadap persoalan domestik negara lain (non-interference), senantiasa taat pada Piagam PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dan tidak terlibat dalam aliansi yang dapat merugikan Kenya sebagai negara.[6]
 
Berdasarkan uraian diatas mengenai arah kebijakan politik luar negeri Kenya, ini menunjukkan bahwa dalam tatanan politik global, Kenya termasuk dalam kategori negara yang sangat berhati-hati dan bersikap bijak dalam bertindak. Semua dilakukan agar dapat mencapai kepentingan nasionalnya dan mencegah kerugian akibat tindakan yang ceroboh.


[1]Kenya’s Foreign Policy Orientation”, dalam http://www.kenyaembassyparis.org/government/foreign-policies, diakses pada tanggal 21 Juni 2012.
[2] Ibid,.
[3] Ibid,.
[4] “Kenya”, dalam https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/ke.html, diakses pada tanggal 21 Juni 2012.
[5] “Kenya’s Foreign...” Op.Cit.,
[6] “Kenya Foreign Polivy”, dalam http://www.kenyamission-un.ch/?About_Kenya:Kenya_Foreign_Policy, diakses pada tanggal 21 Juni 2012.

img src = here

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Silahkan berikan komentar Anda terkait artikel di atas.

Komentar yang bernuansa SARA atau SPAM akan kami remove.

Terima Kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat !!!

Selalu pastikan Anda meng-update berbagai informasi terbaru blog ini.