Select Menu
Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » » Mengapa Harus Berpindah?


Rumah Hijau 00.12 0

      Setelah beberapa hari absen blogging lantaran disibukkan dengan banyak kegiatan, hari ini saya akan kembali sharing sekaligus mereview sebuah film pendek "Mengapa Harus Berpindah?" hasil kreasi anak-anak muda NTT yang baru dilaunching malam Jum'at kemarin, 24 Agustus 2012 silam. Pemutaran perdana film ini dimulai pukul 19.30 dan bertempat di Cafe Jointa, belakang Ambarukmo Plaza, Yogyakarta.

         Film pendek berdurasi 4 menit 27 detik ini mengambil konsep pangan lokal di tengah tren global dengan menampilkan adegan visualisasi minim vokal para tokoh pemerannya. Pada satu sisi, hal ini dapat menjadi kekuatan yang memberi keunikan pada film yang disutradarai oleh Freddy Oki tersebut. Namun di sisi lain, situasi minim dialog memberikan multi persepsi siapa saja yang menyaksikan film tersebut.

       Perlu diketahui pula bahwa film ini merupakan karya bersama anak-anak muda yang tergabung dalam Forum Batu Tulis Nusantara Yogyakarta. Menurut sang sutradara sebelum pemutaran perdana, film "Mengapa Harus Berpindah" tidak bermaksud menghakimi secara sepihak pilihan pribadi setiap orang dalam menikmati apa yang seharusnya mereka makan; entah itu panganan lokal maupun yang sudah mendunia. Film ini hanya memberi pesan bahwa sebenarnya semua telah tersedia di dapur dan itu hanya perlu diolah menjadi lebih lezat dan sehat saja.

        Film  "Mengapa Harus Berpindah" ini juga merupakan karya pertama Forum Batu Tulis Nusantara Yogyakarta sehingga beberapa kekurangan kecil bisa dilihat di sana seperti beberapa adegan yang masih shake, minim intro yang dapat mengarahkan pikiran pembaca untuk sedikit memahami dan menyelami maksud film tersebut. Namun pada satu sisi, film ini mampu memberikan pesan tanpa mengadili pilihan seseorang. Untuk itu, kita patut mengapresiasi karya yang satu ini, apalagi merupakan karya pertama yang dapat dikatakan terbilang bagus.

      Secara keseluruhan film ini memberikan banyak pesan moral walaupun beberapa adegan yang sebenarnya ingin ditampilkan sang sutradara sebagai pesan dari film tersebut belum begitu nampak sehingga akan sedikit menimbulkan kebingungan bagi penonton awam yang belum mendapatkan sedikit penjelasan mengenai maksud film tersebut. Tetapi apapun itu, sebenarnya konsep multi persepsi dari judul dan adegan bisa menjadi bumbu yang membuat pesan film ini layak untuk dikritisi. 

     Akhirnya, selamat menikmati film ini dan selamat mengkritisi berdasarkan persepsi Anda. Saya berharap, karya-karya positif seperti ini akan terus lahir sehingga memberikan banyak ruang belajar bagi generasi muda. "Mengapa Harus Berpindah"

Salam.......

Berikut film pendek "Mengapa Harus Berpindah"
        

Sumber di sini

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Silahkan berikan komentar Anda terkait artikel di atas.

Komentar yang bernuansa SARA atau SPAM akan kami remove.

Terima Kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat !!!

Selalu pastikan Anda meng-update berbagai informasi terbaru blog ini.