Select Menu
Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » Waspada Penipuan Undian Berhadiah via Telepon !


Rumah Hijau 00.48 0

           Halo semua pembaca blog Rumah Hijau yang tercinta. Apa kabar Anda hari ini? Saya berharap kita semua sehat selalu. Amin…

Postingan kali ini saya akan berbagi sedikit tips mengenai cara bagaimana mewaspadai atau mencegah aksi penipuan berkedok undian dari salah satu operator seluler entah itu via telepon ataupun sms.

Postingan ini saya buat atas inisiatif yang berdasarkan pengalaman saya sendiri. Memang selama ini saya sering mendapatkan banyak sms dengan modus penipuan, mulai dari “SMS Mama”, “SMS Papa” hingga sms yang sedikit bergaya romantis yang sedikit merayu. Tidak jarang mereka (para oknum, pen) meminta korbannya mulai dari pulsa hingga uang tunai. 

Siang ini juga (Kamis, 30 Agustus 2012), sekitar pukul 14.15 WIB, saya mendapatkan panggilan dari nomor +62853776655xx yang mengatakan merupakan perwakilan dari Telkomsel. Pria yang menghubungi saya ini menjelaskan bahwa dia merupakan perwakilan dari Telkomsel Center dan hendak mengkonfirmasikan bahwa semalam nomor As saya beruntung memenangkan undian Rp 10 juta dan pulsa sebesar Rp 10 juta pula. Hehehe...lumayan juga tuh :)
                                                                                                                                                        Penipuan (pos-kota img)

      Sejak awal perbincangan via telepon itu, saya sudah bisa menangkap niat tidak baik yang dilakukan pria tersebut. Beliau kemudian meminta nomor rekening bank untuk ditransfer hadiahnya. Sengaja saya biarkan pembicaraan diantara kami agar dapat mengetahui cara mereka dalam menipu. Saya akhirnya memutuskan percakapan via telepon tersebut setelah dia mendesak saya untuk memberikan nomor rekening teman atau orang tua. Pria tersebut mulai memberikan penawaran bahwa uang tersebut bisa dipakai untuk ini…itulah, dll.
        Saya bisa katakana bahwa ini adalah salah satu upaya penipuan karena bila dia mewakili pihak Telkomsel, seharusnya dia sudah mengantongi data pribadi saya karena itu sudah ada di Telkomsel Center sewaktu register awal pengaktifan nomor Telkomsel Center itu sendiri. Selain itu, akan pula ada pemberitaan melalui situs resmi dan media massa lainnya bila memang benar-benar diadakan undian berhadiah tersebut.


         Berangkat dari kasus di atas, apapun modus yang dilakukan sang pelaku, patut kita catat bahwa jangan langsung percaya dengan cara penipuan yang demikian. Banyak orang akan menggunakan beragam cara untuk bisa menipu orang lain. Salah satunya bisa juga demikian. Bila bukan dari salah satu operator, bisa saja dari perusahaan atau lembaga lainnya. Intinya adalah bahwa kita tetap dan selalu berhati-hati dan tidak bertindak gegabah.


 Semoga artikel dan cerita kecil saya ini dapat membantu kita untuk terus mewaspadai berbagai aksi penipuan yang kini semakin marak terjadi. Mereka dapat dengan jeli memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada. Untuk itu kita perlu selalu waspada. Saran saya, hubungi nomor kontak resmi lembaga atau perusahaan yang mengklaim hendak memberikan hadiah tersebut. Jangan langsung percaya dan larut dalam kegembiraan sehingga mudah tertipu. Semoga bermanfaat

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Silahkan berikan komentar Anda terkait artikel di atas.

Komentar yang bernuansa SARA atau SPAM akan kami remove.

Terima Kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat !!!

Selalu pastikan Anda meng-update berbagai informasi terbaru blog ini.