Select Menu
Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » Penyebab Kudeta di Mesir


Rumah Hijau 06.42 0

              Mesir merupakan salah satu negara yang pernah dijajah Inggris. Semasa zaman penjajahan itu telah menumbuhkan semangat nasionalisme dalam diri masyarakat Mesir untuk berjuang menggapai kemerdekaan negaranya. Inisiatif untuk melakukan gerakan pemberontakan sudah menggebu-gebu dalam diri para perwira muda militer yang selama ini berada dibawah kontrol kerajaan. Pada tahun 1939, para perwira muda tersebut mendirikan Organisasi Perwira Bebas yang merupakan sebuah organisasi rahasia pertama yang beranggotakan perwira-perwira angkatan bersenjata. 

Organisasi Perwira Bebas ini kemudian kian berkembang pesat. Para perwira yang tergabung dalam organisasi ini berencana melakukan perlawanan bersenjata untuk menolak kehadiran Inggris di Mesir. Pada tahun 1952, dibawah komando  Gamal Abdul Nasser, Organisasi Perwira Bebas berhasil menggulingkan kekuasaan Raja Forouk. Kudeta dilakukan atas dasar ketidakpuasan para perwira terhadap kekuasaan Farouk yang bergaya kemewahan. Raja Farouk yang masih remaja ini hidup dalam kemewahan. Kendati memiliki banyak tanah yang luas, istana megah, dan dan ratusan mobil, raja Farouk tidak pernah merasa puas dengan kekayaannya itu. Bahkan raja Farouk sering melancong ke Eropa untuk berbelanja. Selain itu pada masa-masa sulit semasa Perang Dunia II, Raja Farouk sering dikritik karena cara hidupnya yang mewah. Keputusan Raja Farouk untuk tetap menyalakan semua lampu istananya di Alexandria saat seluruh lampu di kota dimatikan ketika terjadi pengeboman yang dilakukan tentara Italia, menyebabkan Raja Farouk kian dibenci. Kudeta berdarah yang dipimpin oleh Gamal Abdul Nasser tersebut berhasil dengan sangat baik dan berhasil pula mengusir keberadaan Inggris di Mesir. 


Setelah Mesir merdeka dan dipimpin oleh Muhammad Naguib, sekali lagi terjadi kudeta di Mesir. Untuk kedua kalinya pula Gamal Abdul Nasser yang menjabat sebagai perdana menteri kala itu melakukan kudeta atas presiden Muhammad Naguib. Bersama Organisasi Perwira Bebas, Gamal Abdul Nasser memimpin langsung gerakan kudeta tersebut. Organisasi Perwira Bebas ini harus berhadapan dengan kekuasaan Muhammad Naguib, partai Wafd dan Persaudaraan Muslim. Kudeta ini dimaksudkan untuk menyelamatkan Mesir dari kekuasaan Naguib yang sangat korup. Kehidupan perekonomian di Mesir mengalami banyak kemunduran akibat maraknya korupsi dalam tubuh pemerintahan Mesir.

Tak hanya masalah korupsi dalam pemerintahan Naguib yang menjadi latar belakang terjadinya kudeta. Namun di sisi lain, sikap intervensi Inggris dalam masalah politik dan militer Mesir menjadi alasan lain terjadinya kudeta. Lemahnya pemerintahan Naguib dalam membangun Mesir sehingga dengan mudah diintervensi oleh Inggris menyebabkan sikap tidak suka Nasser dan perwira-perwira lain dalam Organisasi Perwira Bebas yang masih anti pada Inggris kemudian melakukan kudeta untuk mengambil alih kekuasaan sehingga dapat diatur sesuai cita-cita kemerdekaan masyarakat Mesir.

Gerakan kudeta ini kemudian berhasil dan menempatkan Gamal Abdul Nasser sebagai seorang pahlawan revolusi Mesir. Nasser yang waktu itu menjabat perdana menter kemudian menjadi presiden Mesir pula. Nasser menjabat dua jabatan penting yakni presiden dan perdana menteri. Mutlak kontrol kekuasaan dan pemerintahan berada dibawah kendali dan tanggung jawab Nasser sebagai seorang pemimpin baru Mesir menuju reformasi pasca kudeta terhadap rezim Naguib yang korup.
                                                                            Kudeta Mesir (Google Images)















img src = http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/militer_mesir_berjagajaga_di_sekitar_lapangan_110201213537.jpg

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Silahkan berikan komentar Anda terkait artikel di atas.

Komentar yang bernuansa SARA atau SPAM akan kami remove.

Terima Kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat !!!

Selalu pastikan Anda meng-update berbagai informasi terbaru blog ini.