Select Menu
Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » » Posisi Internasional dan Akuntabilitas Greenpeace


Rumah Hijau 16.55 1

             Greenpeace merupakan lembaga atau organisasi internasional non-pemerintah yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup. Organisasi nirlaba yang bermarkas di  Amsterdam, Belanda ini merupakan organisasi yang independen dan tidak menerima bantuan dana dari pemerintah maupun dari sektor industri yang aktifitasnya selama proses produksi telah merusak tatanan alam dan lingkungan hidup. Sumber dana Greenpeace berasal dari sumbangan para donatur yang masih peduli akan kelestarian lingkungan hidup dan bersama-sama Greenpeace berkomitmen mencegah efek pemanasan global dan rekayasa genetika baik pada hewan maupun tumbuh-tumbuhan. 

Sikap Greenpeace yang independen dan tidak mau menerima bantuan dana dari pemerintah agar Greenpeace dalam berbagai kegiatan yang pro lingkungan hidup tidak dengan mudah diintervensi oleh pemerintah suatu negara maupun oleh perusahaan-perusahaan yang menjadi sasaran investigasi Greenpeace berkaitan dengan aktifitas industri yang merusak lingkungan hidup. Hal ini pula yang menjadi prinsip utama organisai Greenpeace yang harus tetap menjamin independensi sumber keuangan dari kepentingan politik atau komersial.[1] Selain mendapatkan bantuan dana dari para donatur, Greenpeace juga aktif melakukan berbagai seminar, talk show, diskusi ilmiah, kampanye dalam lingkungan akademis dan masyarakat umumdalam upaya mendapatkan bantuan dana dari para akademisi maupun masyarakat yang juga peduli akan kelestarian lingkungan dan alam. 

Dalam dinamika politik global yang kontemporer, posisi Greenpeace sebagai salah satu organisasi non-pemerintah sangat kuat. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1971 oleh para aktivis lingkungan hidup di Canada, hingga kini Greenpeace telah memiliki 41 kantor perwakilan di seluruh dunia. Organisasi ini bermarkas di kota Amsterdam, Belanda dan telah memiliki 2,8 juta pendukung yang tersebar di seluruh dunia.[2] Kantor-kantor perwakilan Greenpeace berada di negara Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Hungaria, Polandia, Rumania, Slovakia, Slovenia, Chili, Hongkong, China, Taiwan, Republik Ceko, Prancis, Jerman, Yunani, India, Italia, Jepang, Luxemburg, Israel, Libanon, Turki, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Denmark, Finlandia, Norwegia, Rusia, Thailand, Indonesia, Filipina, Spanyol, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat.[3] Dalam satu negara, Greenpecae bisa memiliki beberapa kantor perwakilan yang tersebar di beberapa propinsi di negara yang bersangkutan.

Berbagai kegiatan Greenpeace berkaitan dengan kampanye anti penangkapan ikan paus, proyek rekayasa genetika pada makhluk hidup, penghentian penggunaan tenaga nuklir dan senjata nuklir yang membahayakan kehidupan manusia, pelestarian hutan dan lingkungan hidup, kelestarian binatang, kampanye anti global warming dan melakukan investigasi terhadap perusahaan yang telah melakukan kerusakan lingkungan hidup sebagai akibat dari selama proses produksi berlangsung. Semua kegiatan Greenpeace dilaksanakan dengan cara-cara damai tanpa kekerasan.[4] Sering kampanye-kampanye Greenpeace yang pro lingkungan hidup telah banyak mempengaruhi dinamikan politik internasional. Keberadaan Greenpeace yang independen, kampanye dengan cara-cara yang damai menjadikan Greenpeace mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat dunia dan tidak dapat diintervensi oleh pemerintah. Ini pula yang menjadikan posisi Greenpeace dalam tatanan politik global sangat kuat dan berpengaruh dalam mempengaruhi kebijakan negara yang berkaitan dengan lingkungan hidup. 

Sedangkan berkaitan dengan akuntabilitas kebijakan, kegiatan dan keuangan Greenpeace, hal tersebut telah dilakukan sebagai bagian dari transparansi dan pertanggungjawaban bagi masyarakat dan donatur sehingga Greenpeace tetap berada dalam jalannya sebagai organisasi yang pro lingkungan hidup. Semua pertanggungjawaban atau akuntabilitas Greenpeace yang berkaitan dengan visi-misi organisasi, kegiatan yang telah dilakukan, hal-hal apa saja yang sudah dicapai, kegiatan yang sedang dijalankan dan akan dilaksanakan, rencana atau visi-misi ke depan dan laporan pertanggungjawaban keuangan telah diberikan secara transparan oleh Greenpeace melalui situs resmi organisasi www.greenpeace.org yang dapat diakses masyarakat umum. Tindakan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya akuntabilitas dan transparansi organisasi. Greenpeace memilihi media internet sebagai media sosialisasi karena mengingat perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dan akses masyarakat yang semakin kompleks, menjadikan media internet sebagai salah satu media komunikasi bagi Greenpeace dengan masyarakat dunia. Melalui situs resmi Greenpeace tersebut, dipublikasikan semua kegiatan, tujuan dan laporan keuangan tahunan organisasi. Berikut adalah laporan keuangan Greenpeace di Indonesia yang diunduh dari situs resmi Greenpeace.[5]

    Tabel 1 Laporan Keuangan Greenpeace yang telah diaudit akuntan publik

                                                           Laporan Keuangan Greenpeace Indonesia

        Laporan pertanggungjawaban keuangan diatas merupakan upaya transparansi Greenpeace terhadap penggunaan bantuan dana yang didonasikan oleh para donatur dalam membantu berbagai kegiatan Greenpeace yang berkaitan dengan upaya menyelamatkan lingkungan hidup dari kehancuran sebagai akibat dari keserakahan manusia itu sendiri.

Selamat berjuang Greenpeace. Bersama kita lestarikan alam kita.
                                                     ###################


[1] “Prinsip Utama”, dalam http://www.greenpeace.org/seasia/id/about/Prinsip-Utama/, diakses pada tanggal 4 Juni 2012.
[2] “Sejarah Greenpeace”, dalam http://www.greenpeace.org/seasia/id/about/sejarah-greenpeace/, diakses pada tanggal 4 Juni 2012.
[3] “Greenpeace di Dunia”, dalam http://www.greenpeace.org/seasia/id/about/worldwide/#a11, diakses pada tanggal 4 Juni 2012.
[4] Op. Cit, Prinsip Utama...
[5] “Laporan Keuangan Yang Diaudit Akuntan Publik”, dalam http://www.greenpeace.org/seasia/id/about/annualreports/audit-laporan-keuangan/, diakses pada tanggal 4 Juni 2012.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar Posisi Internasional dan Akuntabilitas Greenpeace

Silahkan berikan komentar Anda terkait artikel di atas.

Komentar yang bernuansa SARA atau SPAM akan kami remove.

Terima Kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat !!!

Selalu pastikan Anda meng-update berbagai informasi terbaru blog ini.